Rocktober, Ajang Kreatif Musisi Rock Bali

rock2

Parau, salah satu pengisi acara The Rocktober : proud to loud

ANTIDA Sound Garden bekerja sama dengan Himpunan Motor Tua (HMT) kembali menggelar pertunjukan musik rock yang diberi nama Rocktober. Acara ini digelar di pantai Padanggalak, Sanur, Jumat (24/10) sekaligus sebagai rangkaian acara HUT HMT yang berlangsung selama tiga hari.

“Ide kami membuat acara musik seperti ini, karena kami ingin membuat Bali semakin kreatif berkarya di musik dan memberikan kesempatan untuk mereka yang ingin menunjukan hasil karya mereka sendiri ke penggemarnya, sederhana saja,” ujar Anom Darsana dari Antida.

Rocktober sendiri merupakam ajang festival musik di seluruh dunia yang dibuat tiap tahun bulan Oktober. Ide dari Anom Darsana untuk membuat Rocktober di Denpasar pertama kali tahun 2013 didukung oleh event Bali Auto (Santofest ), di mana rocktober mendapat slot satu hari dalam festival yang berlangsung selama tiga hari itu. “Kami mengundang band band rock di Bali dan acaranya sangat sangat sukses,” tambahnya.

Kesuksesan gelaran pertama itu pula yang mendorong tahun ini Rocktober digelar kembali dengan menampilkan sederetan grup musik dari Bali yang sudah diseleksi. Rocktober 2014 antara menampilkan Seven Ceblok, Deep Sea Explorers, Youngguns, Thrash Remain, Evie, Ronaldgang, Sneaker, Morelia, Amber in A Grayscale, Devildice, dan Parau.

“Sebenarnya keinginan membuat Rocktober ini tiap tahun, namun karena masalah pendanaan, kami mendekati panitia HMT agar bisa dibantu diikutsertakan dalam rangkaian HUT HMT,” jelas Anom.

Sementara itu Teguh Setiabudi alias Igo dari panitia HUT HMT menjelaskan, pihaknya berkenan menyertakan Rocktober dalam HMT anniversarry, karena ingin mengajak publik lain selain penggemar motor tua untuk meramaikan acara tahunan tersebut. “Jadi simbiosis mutualisme kita berlaku di sini , saling mengisi dan saling membantu,” demikian Igo.

Di bagian lain Anom menjelaskan, sejak awal info Rocktober akan digelar, puluhan musisi sudah menyatakan ingin ikut terlibat meskipun tidak ada fee. “Mereka antusias karena, mungkin karena Antida sudah dikenal sering menampilkan acara berkualitas yang dikelola secara professional untuk anak muda. Mengingat keterbatasan waktu, kami hanya bisa menampilkan 10 grup saja. Intinya visi dari Rocktober adalah memberi kesempatan untuk musisi yang mempunyai karya sendiri untuk meningkatkan kreativitas dan daya cipta musik khususnya rock. Karena musik rock sudah menjadi musik yang mempunyai publik sangat luas,” demikian Anom. *231