Ganjil Tawarkan Konsep Musik “Nggak Biasanya”

Ganjil2

Ganjil band dengan duo personel, BJ dan Robi

SEORANG musisi, personel satu grup band punya project musik sampingan, itu biasa. Bagaimana bila pada saat bersamaan ada tiga project yang dijalani, ketiganya punya karakter berbeda, dan ketiganya juga bisa sama-sama aktif? Tanyalah Robi, pentolan grup Navicula yang selain punya project solo dengan nama Gede Robi, juga sudah empat tahun juga membesarkan duo bernama Ganjil.

Ganjil berdiri Januri 2011, dengan dua personel, Robi (vokal, gitar), dan BJ (drum). Musik yang dimainkan duo ini campuran dari stoner rock, sludge/doom metal, punk rock, juga grunge. “Ini side project yang konsepnya sudah lama ingin saya buat, malah sudah ada pemikiran sejak 2006, tapi terbentur dengan kesibukan di Navicula. Terlebih ketika itu saya juga masih aktif menangani manajemennya juga,” jelas Robi.

Baik bagi Robi maupun BJ, walaupun Ganjil hanya berdua, namun dengan dukungan teknologi canggih saat ini, membuat suara seperti full band untuk konser live, menjadi satu hal yang sangat mudah. Hanya membutuhkan ide ekstra dan kreativitas saja.

 “Kenapa konsep berdua yang saya buat, agar band ini lebih portable dan produksi jadi lebih murah. Karena baik saya maupun BJ sibuk bekerja di luar band, jadi saya tidak mau repot-repot mengurus banyak orang dalam tim besar. Kalau cuma berdua, kan gampang janjiannya, dan kalau mau main atau tur pun gampang karena cukup satu kamar hotel dan satu taksi, hehehe …. “ papar Robi.

Sebagai bukti kalau keinginan membuat Ganjil bukan sekadar iseng, bahkan begitu awal 2011 diproklamirkan, saat itu juga duo ini sudah punya materi lagu-lagu sendiri untuk direkam. Namun karena kesibukan manajemen Navicula untuk mengurus tur ke luar negeri, project rekaman Ganjil tertunda. Barulah memasuki 2013 ketika Navicula memiliki tim baru yang menangani manajemen, Robi punya lebih banyak waktu untuk main bersama Ganjil.

Hingga saat ini setidaknya Ganjil punya 6 lagu karya sendiri yang sudah direkam, selain dua lagu cover version. Belum terhitung stok lagu sendiri yang belum direkam, yang jumlahnya cukup banyak. Mengenai kapan Ganjil akan merilis album rekaman ke publik, Robi mengatakan untuk jadwal peluncuran album, bahkan juga judul album, belum dipastikan. “Kami jadikan ini kerjaan santai saja, tanpa deadline. Intinya tinggal cari waktu, tenaga, dan dana untuk rilis saja. Bagi kami berdua, ini project buat having fun,” akunya.

Soal nama, Robi mengaku akhirnya memilih Ganjil karena suka dengan kata ini. Karena selain nama bilangan, ganjil juga bermakna aneh atau tidak lazim. “Mirip seperti musik yang diusung Ganjil, konsep musik yang nggak biasanya,” tandas Robi. *adn