Sana Kembali Duet dengan Putu Nia

Sana Nia

Putu Nia dan Ketut Sana

SETELAH cukup lama vakum, duet penyanyi lagu pop Bali, Sana – Nia siap kembali menyapa penggemarnya. Saat ini, keduanya tengah sibuk merampungkan materi rekaman untuk album baru. Terakhir, masing-masing sempat merilis album solo, Sana dengan “Cinta Monyet” di awal 2010, dan Putu Nia dengan “Halo Sayang” di tahun 2008.

“Album duet ini setelah Nia lama tidak muncul di lagu Bali, mudah-mudahan bisa mengobati kerinduan pencinta musik Bali baik terhadap Nia maupun saya sendiri. Selama ini banyak yang bertanya, kapan ngeluarin album baru,” tutur Sana kepada mybalimusic.com, Kamis (28/8).

Menariknya, untuk rekaman kali ini keduanya tidak lagi berada di bawah bendera Aneka Record yang mengangkat nama mereka, karena kebetulan kontraknya sudah selesai. Menurut Sana, selain digarap berdua, kemungkinan mereja berdua juga yang akan langsung memproduseri albumnya. “Di tengah banyaknya tantangan dan daya saing yang sangat tinggi, kami tetep optimis. Ini demi kecintaan kami kepada lagu berbahasa Bali. Kalau boleh, mungkin bisa dibilang ini juga ngayah untuk pencinta musik Bali dan masyarakat Bali yang selalu tak lepas dengan kesenian,” tambah Sana.

Di album baru nanti, Sana dan Nia masih membawakan lagu ciptaan Swardaniasa, Kmang Raka, Pranajaya, dan ciptaan Sana sendiri. Lagu-lagu yang sudah direkam dan masih dalam proses mixing seperti “Bajang Gunung”, “Kluarga Bagia”, “Mekemit Di Pura”, “Pucuk Rejuna”, “Astungkara“. Bagi Sana dan Nia, semua lagu layak menjadi unggulan, hanya mereka berdua masih berunding untuk menentukan judul album.

Sepanjang karier di lagu pop Bali, Sana yang pertama kali muncul bersama grup Larasati dan album “Tomblos” (2000) nyaris selalu duet dengan Putu Nia. Keduanya seakan menjadi duet yang sudah menyatu, layaknya pasangan duet lain seperti Widi Widiana-Sri Dianawati, Eka Jaya-Ayu Saraswati, atau Ary Kencana-Dek Ulik. “Mungkin belum saatnya ya, duet dengan yang lain. Kalau duet dengan Nia sangat berkesan, karena dari awal muncul sampai sekarang masyarakat masih menunggu kalau kambi mengeluarkan lagu baru. Menurut orang sih, suara kami cocok untuk duet, sudah ketemu chemistry-nya, sudah khas,” pungkas Sana.

Di kancah rekaman lagu pop Bali, Sana dan Nia mulai digaet Aneka Record sejak 2001 dengan merilis album “Dedari Kayangan”. Menyusul kemudian “Ngecogin Tembok” dan “Ipian Layon Sari”. Selain duet, Sana sempat dibuatkan album sendiri, “Cinta Monyet”, dan Nia dengan album “Halo Sayang”. Di luar itu, Nia juga sempat mengisi rekaman lagu berbahasa Inggris “Life Is Jo Jo” milik Gunnar (alm.) & Delicats, yang dirilis 2007. *adn