Semalam Suntuk Dihibur lagu Pop Bali

LB2

Galuh Bilen turut meramaikan pergelaran musik Bali di panggung terbuka Gedung Ksirarnawa, Minggu (17/8)

PRAMUSTI Bali, sekali lagi menampilkan pergelaran musik yang tidak biasa. Bayangkan saja, 28 penyanyi dan 13 grup band ambil bagian dalam acara yang digelar di panggung terbuka gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Denpasar, Minggu (17/8). Jadilah di hari yang bertepatan dengan HUT ke-69 Proklamasi Kemerdekaan RI itu, penonton dihibur lagu pop Bali semalam suntuk.

Semalam suntuk? Begitulah. Acara yang dimulai selepas pk. 19.00 tersebut baru tuntas lewat tengah malam, pk. 00.35 wita. Sepanjang pertunjukan yang dipandu MC Gus Panji dan dan diselingin lawakan dari MKP Mersi, beragam jenis musik dari pop Bali tradisional, pop Bali bernuansa mandarin, hingga lagu dangdut, rock dan metal berbahasa Bali tersuguhkan. Penampil yang unjuk kebolehan tak hanya nama-nama baru di blantika musik Bali, namun juga berbaur beberapa nama yang sudah cukup lama dan banyak dikenal seperti De Balon, De Oka S., Ayu Wiryastuti, hingga Galuh Bilen. Dari grup band sebagian besar di antaranya sudah memiliki rekaman sendiri, termasuk nama lama seperti Raja Band, Gonjak, hingga Marlon dan Babhe.

Walau hanya berkesempatan menyanyikan satu lagu, masing-masing penyanyi dengan semangat berusaha menghangatkan suasana. Penampilan mereka pun mendapat respon bagus dari penggemar masing-masing dan dari Paguyuban Penggemar Gending Bali. Pertunjukan dibagi ke dalam dua sesi, berbagi peran antara penyanyi solo dan grup band yang memainkan dua lagu.  Sesi pertamadi antaranya tampil Chesya Wandira, Gek Na, Lesthary, Jaya Wijaya, Lina Tayok, Nada Umbara, Ayu Kurnia, Yan Bunklas, Yumang Rimba, Wisma Trica, Ary Laksmi, Dek Pekir, Gachonk, Ariyosi, Tut Sumar, De Balon, grup band Four United, Marlon, Sindu Project, Metaller, Gonjak, Jhonz, Alis, dan Gede Band. Sesi kedua giliran tampil Kan Jaya, De Supra featuring Gus Jody, Lantur Wijaya, Dyana Prasta, Tri Puspa, Bayu Krisna, De Oka’s, Ayu Wiryastuti dan Galuh Bilen, grup band Active, Babhe, Bari and Friends, Broken Radio, dan ditutup penampilan Raja Band.

Pergelaran Musik Bali yang Pramusti Bali ini merupakan bagian dari panggung hiburan serangkaian Pameran Pembangunan Provinsi Bali yang mengusung tema Memantapkan Program Pembangunan Bali Mandara berlandaskan Tri Hita Karana. Walau baru seminggu sebelumnya memanaskan panggung terbuka Ardha Candra dengan konser musik kolosal bertajuk Gita Harmoni Lagu Pop Bali dari Masa ke Masa, Pramusti Bali dengan semangat menampilkan potensi lainnya dari musik pop Bali saat ini. *adn

LB3

Aksi Gede Band di acara pergelaran musik Bali di panggung terbuka Gedung Ksirarnawa, Minggu (17/8)